oleh

Presiden Jokowi Gandeng Perdana Menteri Petr Fiala Komitmen untuk Jalin Kemitraan di Sejumlah Bidang

Bogor – Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko, Petr Fiala berkomitmen untuk meningkatkan kemitraan kedua negara di sejumlah bidang.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi dalam pernyataan pers bersama PM Fiala usai pertemuan bilateral, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/4/23).

“Kunjungan PM Fiala merupakan kunjungan pertama tingkat kepala pemerintahan Ceko ke Indonesia. Para pengusaha Ceko juga hadir dalam kunjungan ini, merefleksikan komitmen untuk membangun dan menguatkan kerja sama,” ujar Presiden Jokowi dikutip dari PMJNews, Selasa (18/4/23).

Baca Juga  Ibrahimovic Tinggal Semusim Lagi Di San Siro

Sejumlah isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut meliputi kerja sama di bidang perdagangan, investasi, hingga pertahanan dan industri strategis.

Pertemuan tersebut juga membahas tentang isu di ASEAN, Indo-Pasifik, serta rencana penyelenggaraan ASEAN Indo-Pasific Infrastructure Forum (AIPIF) di bulan September mendatang.

Di bidang perdagangan, Presiden mendorong penyelesaian negosiasi Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (Indonesia-EU CEPA). Presiden menggarisbawahi sejumlah regulasi Uni Eropa yang dinilainya diskriminatif.

Baca Juga  Kerja Sama Dagang RI-Eropa

Sementara di bidang investasi, Presiden mengajak Ceko untuk terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). “Saya juga mengundang Ceko untuk berinvestasi di IKN Nusantara terutama di bidang transportasi massal ramah lingkungan,” tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden turut didampingi oleh, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. (*/cr1)

News Feed