oleh

Presiden Joe Biden tiba di Bali untuk Hadiri Acara Puncak KTT G20

SIN.CO.ID – Kemenparekraf Sandiaga Uno sambut kedatangan Joe Biden, Presiden Amerika Serikat, Minggu (13/11/2022) pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Joe Biden akan menghadiri acara puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

“Saya mendapat kehormatan dan tugas dari negara untuk menyambut bapak Presiden Joe Biden yang tiba di Bali malam ini sekitar pukul 21.45 WITA menggunakan pesawat Air Force One,” ujar Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Biden atas kesediaanya menghadiri KTT G20 di Bali.

“Atas nama pemerintah, bangsa dan rakyat Indonesia kami berkeinginan untuk lebih banyak kunjungan dan kerja sama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Dalam kurun waktu belakangan, kunjungan wisatawan dari Amerika Serikat mengalami peningkatan.

Baca Juga  Presiden Joe Biden Turunkan Jabatan Anak Buahnya yang Ketahuan Hendak Gelar Pesta

Sandiaga Uno mengungkapkan harapannya di hadapan Biden agar produk-produk ekonomi kreatif Indonesia semakin diminati, terutama produk fashion, kuliner dan produk kerajinan tangan.

Biden disambut dengan tarian Bali yg membuat ia sangat kagum dengan mengucapkan ‘amazing, splendid, wonderful’. Lalu mengucapkan ‘thank you’ sebagai rasa terima kasih kepada para penari.

Sejumlah tamu negara lainnya mulai tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali sejak pukul 18.25 WITA.

Beberapa tamu negara dan kepala lembaga dunia yang hadir yakni Chairman World Economic Forum Prof Klaus Martin Schwab, Presiden Islamic Development Bank (IsDB) Dr. Muhammad Sulaiman Al Jasser, Director General International Labour Organization Gilbert F. Houngbo, Menteri Luar Negeri Mexico Marcelo Ebrard Casaubon, serta Menteri Urusan Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

Baca Juga  5 Tempat Wisata di Jakarta yang Buka Saat Libur Idul Fitri

Presiden The Asian Development Bank (ADB) Masatsugu Asakawa, juga tiba pada pukul 23.45 WITA Sabtu (12/11/2022).

Menurut Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi & Komunikasi Publik gelombang kedatangan delegasi akan terus berlangsung hingga Senin (14/11/2022).

“Kami sudah siap untuk menyambut dengan pengamanan dan pengawalan yang ketat. Indonesia berupaya menjadi tuan rumah yang baik bagi semua tamu negara yang hadir dalam KTT G20,” kata Usman.

Pihak keamanan yang tergabung dari TNI-Polri terus mengamankan secara ketat dalam menyambut tamu negara.

Berdasarkan data hingga Jumat (11/11/2022), Pemerintah RI telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 pada saat KTT.

Kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden RI Joko Widodo adalah sebanyak 37 orang dari total 41 undangan.

Baca Juga  Intip Buku Panduan Pendampingan Kreasi Fesyen Modest untuk Pelaku Ekraf

Sementara pemerintah Fiji, akan mengirimkan utusan khusus (special envoy) karena tengah menjalani pemilihan umum.

Brazil dan Mexico juga telah memberikan konfirmasi bahwa Presiden mereka berhalangan untuk hadir.

Mexico akan diwakili oleh Menlu Mexico, sementara untuk Brazil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasinya.

Kemenlu telah menerima nota diplomatik pada 8 November 2022 dari Kedubes Rusia di Jakarta.

Nota diplomatik tersebut menyampaikan bahwa Presiden Putin berhalangan hadir di Bali (in person). Sebagai gantinya, Menlu S Lavrov yang akan hadir secara in person.

Tercatat 17 pemimpin G20 (termasuk Indonesia) ditambah 9 dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional yang hadir dalam KTT G20 di Bali. (*/cr1)

Komentar

News Feed