oleh

Pelaksanaan KTT G20 di Bali, TNI Kirim 252 Kendaraan Listrik

Jakarta – Penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dipastikan berjalan aman dan lancar.

Dalam pelaksanaan KTT G20 di Bali, TNI gelar pasukan dengan menugaskan tiga matra diantaranya TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Sebanyak 12 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dikerahkan untuk amankan KTT G20 oleh TNI AL.

“Ini untuk mengamankan pemimpin-pemimpin negara sehingga kita harus matang dalam menyiapkan kapal-kapal yang siap tempur,” ucap KSAL Laksamana TNI Yudo Margono di Markas Kodamar, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (31/10/2022).

KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menyampaikan KTT G20 dilaksanakan pada 15-16 November 2022 mewujudkan Indonesia sebagai pusat perhatian di kancah dunia internasional.

Baca Juga  Jokowi Tinjau Langsung Vaksinasi Massal

Gelar Pasukan TNI AU diselenggarakan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Jumat (28/10/2022).

TNI AU ditugaskan untuk melakukan pengamanan di bandara, aerodrome, pergerakan pesawat kenegaraan, dan pengawalan VVIP.

“Untuk itu, kita mendukung pemerintah dan bantu amankan supaya kegiatan ini berjalan sukses dan lancar,” kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Mabes TNI kerahkan 252 Unit Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB) untuk mendukung kegiatan KTT G20.

Kendaraan listrik tersebut yakni 42 unit mobil kawal yg terdiri dari 12 unit tipe Hyundai Ioniq dan sebanyak 30 unit tipe Hyundai Ioniq Five yang diproduksi tahun 2022 dari Korea Selatan.

Baca Juga  Kondisi Terkini, Banjir Papakelan Rendam Ratusan Rumah

Bahan bakar mobil listrik dinilai lebih irit dari mobil biasa, dan ini sebagai bentuk dukungan berkembangnya kendaraan listrik.

Adapun 126 unit motor kawal dikerahkan beserta 84 unit motor penyelamatan yang lengkap dengan helm, jaket, celana, sepatu dan sarung tangan adalah merk Zero SRFM produksi tahun 2022 dari Amerika Serikat.

“Kendaraan tersebut digunakan untuk mendukung kesiapan keamanan dan pengawalan terhadap para Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan,” tutur Kapuspen TNI Laksamana Muda TNI Kisdiyanto pada Senin (31/10/2022).

Baca Juga  Ini Daftar 22 Produksi Film Penerima Bantuan Pemerintah Promosi Film Indonesia

KLBB dikirim ke Bali pada tanggal 28 Oktober 2022 dengan menggunakan KRI Tanjung Kambani-971 untuk KLBB roda empat, sedangkan KLBB roda dua dikirim dengan menggunakan trailer.

Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa juga mengatakan TNI menerjunkan ribuan prajurit untuk pastikan keamanan para kepala negara dan delegasi yang akan hadir dalam KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022 mendatang.

Terhitung 18.030 personel ikut terlibat, diantaranya 14 ribu prajurit TNI, 3.200 personel Polri, dan 492 dari institusi lainnya.

“Semua personel berada di bawah komando Panglima TNI,” ujar Jenderal Andika Perkasa. (*/cr1)

Komentar

News Feed