oleh

Pentas Seni Angklung akan Hadir dalam Piala Dunia 2022 di Qatar

SIN.CO.ID – Hari Angklung Sedunia ditetapkan pada tanggal 16 November. Angklung mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya tak benda di Nairobi, Kenya.

Apa itu angklung? Angklung merupakan alat musik tradisonal asal Jawa Barat yang terbuat dari bambu. Setiap angklung memiliki nada atau akord yang berbeda.

Angklung mengandung nilai-nilai dasar kerjasama, saling menghormati dan menimbulkan keharmonisan sosial. Untuk itu angklung dapat dimainkan secara bersama-sama menjadi sebuah irama yang padu.

Angklung akan hadir dalam gelaran Piala Dunia 2022 Qatar. Qatar sebagai tuan rumah menggandeng Katara Cultural Village Foundation untuk ikut menyemarakkan Piala Dunia 2022.

Baca Juga  Arab Saudi dan UEA Retas Telepon Jurnalis

Katara Cultural Village Foundation menjadi pusat kebudayaan yang berlokasi di Doha yang kerap menampilkan pertunjukkan teater, sastra, musik, seni visual dan pameran.

Pada Piala Dunia 2022 kali ini Katara Cultural Village Foundation bersama dengan kantor Kedutaan Besar negara-negara di Qatar untuk menghadirkan pertunjukan seni guna menyambut turnamen empat tahunan ini.

Katara Cultural Village Foundation akan menggelar pentas seni angklung di Al-Ibdaa Courtyard Gedung Katara pada 18-28 November 2022, pukul 18.00-20.00 waktu setempat.

Baca Juga  Jokowi: Roadmap Pemanfaatan Batu Bara Harus Dipercepat

Katara dan Kedutaan Besar Republik Indonesia KBRI di Qatar turut menggandeng Saung Angklung Udjo Bandung.

Dalam laman resmi instagram @indonesiaindoha, KBRI untuk Qatar menyampaikan “Saung Angklung Udjo comes to Doha! Not only will you be able to watch spectacular performances you will also be able to learn and play this unique instrument!” tulisnya.

Terjemahan tulisan tersebut adalah, “Saung Angklung Udjo datang ke Doha! Kamu tidak hanya dapat menyaksikan pertunjukan spektakuler, tetapi kamu juga bisa belajar dan memainkan alat musik unik ini!”

Selain pentas seni angklung, tanggal 1-8 Desember 2022 Katara Cultural Village Foundation menghadirkan pembuatan batik mulai pukul 10.00-22.00 waktu setempat.

Baca Juga  Zidane: Kemenangan Ini Tidak Berarti apa-apa

Turnamen di Qatar akan menjadi edisi ke-22 dari Piala Dunia dan pertama kali digelar di kawasan Jazirah Arab.

Tuan rumah Qatar dengan Wakil Amerika Selatan, Ekuador akan dipertemukan dalam Pembukaan Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Minggu (20/11/2022).

Laga Qatar vs Ekuador pada partai pembuka Piala Dunia 2022 tersebut bakal digelar setelah upacara pembukaan yakni pukul 23.00 WIB. (*/cr1)

Komentar

News Feed