oleh

Sastrawan Legendaris Umbu Landu Paranggi Wafat

BALI – Kabar duku datang dari Sastrawan legendaris Indonesia, Umbu Landu Paranggi yang menghembuskan nafas terakhirnya pada Selasa (6/4/2021) pukul 03.55 WITA, di Denpasar, Bali.

Penyair berusia 77 tahun ini sempat dirawat di RS Bali Mandara sejak Sabtu, 3 April 2021 karena kondisi kesehatannya yang melemah. Kematian Umbu jadi kabar duka bagi dunia sastra Indonesia karena kehilangan sosok mahaguru dari para sastrawan. Umbu merupakan sosok mahaguru yang dikagumi oleh sastrawan populer Emha Ainun Nadjib, Linus Suryadi A.G., Ragil Suwarno Pragolapati, hingga Iman Budhi Santoso. Banyak warganet, sastrawan, dan tokoh yang mengungkapkan ucapan belasungkawa atas kepergian Umbu.

Kabar tersebut juga diunggah di akun resmi Kenduri Cinta.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun… Duka kami, mengantarmu ke huma yang sejati Bapak Umbu Landu Paranggi,” tulis akun tersebut, dikutip Selasa (6/4/2021).

“Pada hari Selasa tanggal 6 April 2021 pukul 03.55 WITA di RS Bali Mandara,” tulisnya kemudian.

Tag Presiden Maliboro pun akhirnya menjadi salah satu trending Twitter hari ini, Selasa (6/4/2021).

Baca Juga  Anies Akan Kaji UU Ciptaker Karena Tidak Adil Bagi Pekerja

Banyak netizen ikut berduka atas kepergian sang penyair. “Innalillahi wa inna illaihi roji’uun..Selamat jalan,, sampai jumpa.. Dan terimakasih atas ilmu-ilmunya.. #utangrasa,” tulis Fahardyputra.

“Sugeng tindak Eyang Presiden Malioboro #UtangRasa #MaiyahBerduka,” tulis @CakGama.

“Umbu Landu Paranggi, penyair, berpulang, Selasa (6/4/2021), pukul 03.00. Umbu dijuluki “Presiden Malioboro”, Yogyakarta, karena membina komunitas seniman di kawasan itu tahun 1960-an 70-an. Dia guru Emha Ainun Nadjib, Linus Suryadi AG, Korie Layun Rampan.,” tulis @ilhamkhoiri. (*/cr3)

News Feed