oleh

Persiapan Pertemuan IAWP Tingkat Dunia di Labuan Bajo

NTT – Ratusan polisi wanita (Polwan) akan menghadiri pertemuan International Association Women Police (IAWP) tingkat dunia 6-11 November di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

IAWP merupakan organisasi non government sebagai asosiasi Polwan sedunia. Pertemuan kali ini mengusung tema “Woman at the center stage of policing”.

Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol. Drs Johni Asadoma, M.Hum, Kamis 14 Oktober 2021 menyampaikan, berdasarkan bidding pada pertemuan IAWP di Quito Equador 5-6 Maret 2019 lalu, Indonesia memenangkan bidding tersebut untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan konferensi IAWP ke-58 pada tahun 2020.

“Namun, karena situasi pandemi Covid-19 belum usai, maka penyelenggaraan konferensi polwan dunia baru dapat dilaksanakan pada tahun ini, 6-11 November 2021,” ujar mantan Waka Polda NTT ini.

Lebih lanjut, segala persiapan sudah dilakukan menyambut pelaksanaan pertemuan tingkat dunia ini.

Meruorah Hotel Labuan Bajo disiapkan untuk training dan conference. Acara welcome dinner digelar di Puncak Waringin.

Baca Juga  Moyes Puji Efek Jesse Lingard: Dia Pembeda

Sementara gala dinner dipusatkan di hotel Sudamala. Juga digelar parade of nation di jalan utama Labuan Bajo.

Peserta juga disertakan dalam tour of Labuan Bajo yakni ke Gua Batu Cermin, Pulau Padar, Pulau Lomodo dan Pink Beach.

Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat dipilih menjadi lokasi pertemuan skala internasional karena berbagai pertimbangan.

“Labuan Bajo merupalan destinasi wisata super prioritas dan sudah menjadi zona hijau (PPKM level 2),” ujar Irjen Pol. Johni Asadoma.

Lebih lanjut, IAWP ke-58 ini bakal diikuti ratusan peserta dari dalam dan luar negeri baik secara offline maupun secara online.

Peserta offline dari luar negeri sekitar 50 orang dari beberapa negara dan observasi kurang lebih 25 orang dari 17 negara yakni Amerika Serikat, Umi Emirat Arab, Nigeria, United Kingdom, Ghana, Kanada, Filipina, Korea selatan, Jerman, Australia, Taiwan, Malaysia, Turki, Selandia Baru, Timor Leste, Singapura dan Belanda.

Baca Juga  Ini Kata Aziz Syamsuddin, Soal Mutu Pelayanan dan Keselamatan Transportasi Penerbangan

Dari dalam negeri diikuti 202 orang secara offline dan perwakilan Polda dan Satker Mabes Polri masing-masing 3 orang Peserta online luar negeri sejumlah 84 orang dan dalam negeri kurang lebih 500 orang.

Selama sepekan pertemuan Polwan tingkat dunia ini akan menghadirkan pembicara menampilkan 5 keynote speakers yaitu Menlu RI, Retno Marsudi, Mendagri RI, Tito Karnavian, Menkeu RI, Sri Mulyani Indrawati.

Berikutnya UNUSG and Executive Director of UN Women serta speakers lainnya baik dari dalam maupun luar negeri yang sudah corfirmed sebanyak 60 orang yakni 52 orang dari luar negeri dan 8 orang dari dalam negeri.

Melansir polri.go.id, format pelaksanaan konferensi dilaksanakan secara hybrid yaitu in person and online.

Pertemuan ini digelar disamping untuk capacity building juga sebagai sarana networking bagi para Polwan diseluruh dunia.

“Harapan konferensi ini berjalan dengan baik, aman, lancar, sukses dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dibawah pengawasan satuan tugas,” tandas mantan Waka Polda Sulawesi Utara ini.

Baca Juga  In memoriam
Prof. Dr. Kyai Ahmad Syafii Mufid, MA

Dalam kaitan dengan persiapan event internasional ini, Divhubinter Polri selaku penanggungjawab kegiatan melakukan pengecekan dan kesiapan sarana dan prasarana serta penanganan virus covid-19 di Labuan Bajo.

Pihak penyelenggara sudah bertemu dengan bupati Manggarai Barat, Gubernur NTT dan Kapolda NTT.

Mantan Waka Polda Sulawesi Utara ini memastikan bahwa semua pihak baik pemerintah daerah, masyarakat, pelaku usaha dan aparat keamanan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Kita mendapat dukungan yang luar biasa,” ujar Kadiv Hubinter.

“Banyak narasumber dari luar negeri dan dalam negeri.yang berkompeten sehingga bisa meningkatkan kapasitas Polwan kita,” tambah Kadiv Hubinter.

Moment internasional ini pun diharapkan membangkitkan ekonomi masyarakat dan pariwisata daerah sehingga memberi kesejahteraan bagi masyarakat dan daerah. (*/cr1)

Komentar

News Feed