oleh

Giliran Slovakia Usir 3 Diplomat Rusia, Usai AS-Ceko

Bratislava – Otoritas Slovakia memutuskan untuk mengusir tiga diplomat Rusia dari wilayahnya. Pengusiran ini dilakukan setelah negara tetangganya, Ceko, terlibat perselisihan diplomatik dengan Rusia yang juga melibatkan pengusiran diplomat.

Dilansir AFP, Jumat (23/4/2021), keputusan mengusir tiga diplomat Rusia itu diumumkan oleh Perdana Menteri (PM) Slovakia, Eduard Heger, dalam pernyataannya pada Kamis (22/4) waktu setempat.

“Tiga perwakilan misi diplomatik Rusia harus mengakhiri aktivitas mereka di Slovakia dan harus meninggalkan negara ini dalam waktu tujuh hari,” ucap Heger.

Baca Juga  6 Jurnalis Perempuan Muda Ikuti Workshop Fellowship PPMN- Unesco

“Menyusul peristiwa terkini di Republik Ceko dan setelah melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap informasi dari dinas intelijen kami yang secara erat bekerja sama dengan dinas intelijen sekutu-sekutu kami,” tutur Heger.

Heger tidak menjelaskan secara detail soal alasan pengusiran. Namun dia menyatakan lebih lanjut bahwa Slovakia mengambil keputusan ini setelah mengevaluasi informasi intelijen.

Hal senada juga disampaikan Menteri Pertahanan Slovakia, Jaroslav Nad, kepada wartawan setempat.

“Ini bukan langkah kosong, namun, tindakan kami didasarkan pada informasi yang diterima dari dinas intelijen kami dan dinas intelijen mitra-mitra kami,” ujarnya.

Baca Juga  Mahasiswa Asal Payakumbuh Raih 'Student of the Year' di Universitas Terkemuka Rusia

“Dalam kasus tiga orang ini, aktivitas mereka melampaui aturan yang ditetapkan dalam lingkungan internasional,” sebut Nad.

Sebelum itu, Polandia dan Amerika Serikat (AS) terlebih dulu mengusir diplomat Rusia dari wilayah masing-masing. Pada Kamis (15/4) lalu, Polandia mengusir tiga diplomat Rusia karena dianggap melakukan kegiatan yang merugikan di negaranya.

Ceko, pada Sabtu (17/4) lalu, mengusir 18 staf Kedutaan Besar Rusia di Praha terkait perselisihan soal dugaan peran Rusia dalam ledakan yang menewaskan dua orang di depot senjata di negara itu tahun 2014 lalu. Rusia membalasnya dengan mengusir 20 diplomat Ceko pada Senin (19/4) waktu setempat.

Baca Juga  Rusia Akan Pasok Vaksin COVID-19 Sputnik V Untuk Thailand

Sementara AS mengusir 10 diplomat Rusia dan menjatuhkan sanksi baru dalam upaya membalas apa yang disebut oleh AS sebagai campur tangan dalam pemilu AS, serangan siber besar-besaran dan berbagai aktivitas permusuhan lainnya. (*/cr4)

 

Sumber : news.detik.com

News Feed