oleh

Parekraf di Bali diajak dalam Dukung Pelaksanaan Presidensi G20

Bali – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak partisipasi aktif pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Bali dalam mendukung pelaksanaan Presidensi G20 Indonesia dan mengoptimalkan peluang di dalamnya sehingga dapat memberikan dampak yang luas bagi masyarakat.

Menparekraf Sandiaga Uno saat hadir di acara “Bali Bangkit dan Perayaan World Tourism Day (WTD)” bersama pelaku parekraf Bali di Pontoon Bounty Cruise Pelabuhan Tanjung Benoa, Selasa (27/9/2022), mengatakan, perayaan hari pariwisata dunia yang kali ini dipusatkan di Indonesia tepatnya Bali harus menjadi pesan positif kepada dunia bahwa Indonesia telah dipercaya menjadi pemimpin dari kebangkitan pariwisata dunia. 

“Sekaligus dalam mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru berbasis pariwisata berkualitas dan berkelanjutan lingkungan,” kata Menparekraf Sandiaga, dilansir kemenparekraf.go.id

Ia mengatakan, penyelenggaran rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia harus dapat memberikan dampak yang positif kepada masyarakat. Khususnya berkaitan dengan UMKM dan komunitas pariwisata dan ekonomi kreatif. Terlebih Bali merupakan salah satu daerah yang perekonomiannya ditopang oleh sektor pariwisata. 

Baca Juga  Infrastruktur di Lombok dan Sumbawa Mulai Merata

“Sebanyak 53 persen ekonomi Bali ini bergantung pada pariwisata. Karenanya kita harus mulai memikirkan kembali pariwisata seperti apa yang kita inginkan pascapandemi,” kata Sandiaga. 

Pariwisata pascapandemi yakni pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan yang lebih mengandalkan lama dari kunjungan agar lebih berdampak positif terhadap ekonomi kreatif lokal.

“Terutama berkaitan dengan penciptaan lapangan kerja,” ujarnya.  

Baca Juga  Pemerintah Dorong Perempuan Manfaatkan Peluang

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Manurung; Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Alexander Reyaan, serta Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani. (*/cr1)

Komentar

News Feed