oleh

Pemilu 2024 di Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan, partainya mendukung usulan pemerintah agar pemungutan suara Pemilihan Umum 2024 dilangsungkan pada 15 Mei 2024. Dasco mengatakan, keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan aspek efisiensi waktu dan biaya karena waktu kampanye Pemilu relatif lebih pendek.

“Pertimbangannya lebih besar pada efisiensi karena dengan jarak yang berdekatan, tidak terlalu jauh, itu tentunya ada efisiensi di waktu, biaya, dan lain-lain, tidak ada yang lebih dari itu,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (4/10/2021).

Baca Juga  Jokowi Tinjau Langsung Vaksinasi Massal

Dasco menuturkan, partainya juga sudah mempertimbangkan tahapan Pemilu yang akan jatuh saat bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri apabila hari pemungutan suara jatuh pada 15 Mei 2024. Wakil Ketua DPR itu menambahkan, sejauh ini belum ada keputusan mengenai hari pencoblosan karena masih ada tarik-menarik antara fraksi-fraksi di DPR serta Komisi Pemilihan Umum dan pemerintah.

Baca Juga  Proyek 10 Triliun Gubernur Sumut Dalam Jangkauan HPN Virtual 2021

“Kita dalam hal ini Gerindra sudah memutuskan sikapnya demikian, nanti kita lihat dalam rapat-rapat dan pengambilan keputusan apakah kemudian itu tanggal 15 atau nanti di bulan Februari,” ujar Dasco. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pemerintah mengusulkan pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berlangsung pada 15 Mei.

Baca Juga  Ketua Umum SMSI Firdaus Dukung Kapolri Utamakan Langkah Damai

Keputusan tanggal tersebut berdasarkan hasil rapat bersama sejumlah menteri dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/7/2021).

“Pilihan pemerintah adalah tanggal 15 Mei (2024),” ujar Mahfud, dalam keterangan video, Senin.

Usulan pemerintah ini berbeda dengan KPU yang mengusulkan agar hari pemungutan suara Pemilu 2024 jatuh pada Februari 2024.

Sumber : partaigerindra.or.id

Komentar

News Feed