oleh

6 Langkah Naik Kereta Gantung TMII

JAKARTA – Salah satu kawasan wisata ikonik di Jakarta adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tempat wisata ini sudah dibuka kembali sejak 20 Juni 2020.

Meski beberapa tempat wisata dalam kawasan TMII masih ditutup, sebagian besar sudah dibuka lagi, termasuk area kereta gantung. Apabila belum pernah naik kereta gantung TMII saat new normal dan ingin mencobanya, melansir dari kompas.com, berikut panduan, Jumat (9/4/2021):

1. Beli tiket masuk TMII 

Selama new normal, pihak tempat wisata menerapkan sistem pembelian tiket secara online lewat https://ticket.tamanmini.com/ untuk melengkapi fitur pembelian tiket secara langsung.

Kamu bisa pilih antara dua cara tersebut untuk membeli tiket. Harga tiket masuk TMII adalah Rp 20.000 per orang untuk pengunjung berusia tiga tahun ke atas.

Baca Juga  Ribuan Orang Pekerja Pariwisata Jakarta Di Vaksinasi

Jika datang menggunakan mobil, biaya masuknya adalah Rp 20.000 per kendaraan. Sementara untuk bus/truk, harganya adalah Rp 40.000, motor Rp 15.000, dan sepeda Rp 1.000.

2. Patuhi protokol kesehatan

Setelah membeli tiket, sebelum memasuki kawasan TMII, pastikan kamu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak, dan tidak bepergian jika sakit.

Saat ini, pintu masuk yang dibuka adalah Pintu 1 dan Pintu 3. Umumnya, sebagian besar pengunjung tiba lewat Pintu 1 yang letaknya dekat dengan Masjid At-Tin.

Pada setiap pintu akan ada penyemprotan disinfektan kepada kendaraan. Selain itu, pemeriksaan suhu tubuh juga akan dilakukan.

3. Beli tiket kereta gantung

Baca Juga  Tingkatkan Nilai Perdagangan Bilateral, KJRI Jeddah Promosikan Produk Indonesia

Harga tiket kereta gantung TMII adalah Rp 50.000 per orang. Pembelian bisa dilakukan secara langsung di tiket.

Namun sebelum melanjutkan perjalanan ke loket tiket, akan ada pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki area kereta gantung. Kamu juga harus mencuci tangan kembali.

Jika suhu di bawah yang telah ditentukan, kamu akan diizinkan melanjutkan perjalanan ke loket pembelian tiket. Apabila loket pembelian penuh, jangan lupa jaga jarak dengan pengunjung lain saat mengantre.

Lalu sebelum dan sesudah melakukan transaksi, ada baiknya kamu cuci tangan kembali agar aman.

4. Naik ke tempat kereta gantung

Setelah membeli tiket, kamu akan diarahkan untuk naik ke tempat kereta gantung. Selama menanjak, kamu akan melihat tanda jaga jarak di tanjakan.

Baca Juga  Sudah Seharusnya MK Memprioritaskan Uji Materi UU Ciptaker

Jika keadaan sedang ramai, kamu bisa ikuti tanda jaga jarak tersebut agar tetap jauh dari pengunjung lain.

5. Cuci tangan sebelum masuk kabin

Setibanya di tempat kereta gantung, terdapat meja petugas yang menyediakan hand sanitizer. Kamu bisa cuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk kabin.

6. Perhatikan tanda silang di kabin kereta gantung

Selama new normal, penggunaan kabin kereta gantung dibatasi maksimal hanya dua orang. Namun jika datang dengan keluarga, satu kabin bisa diisi maksimal empat orang.

Apabila datang berdua, perhatikan tanda silang di kabin kereta gantung. Jika salah satu spot tempat duduk diberi tanda silang, artinya kamu dilarang duduk di spot tersebut. (*/cr1)

News Feed