oleh

KLHK Memberi Penghargaan Kepada Kelurahan Tobek Godang

PEKANBARU – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan (KLHK) memberi penghargaan kepada Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Bina Widya, Kota Pekanbaru, Riau atas Proklimnya,  Kampung Iklim yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga lingkungan.

Lurah Tobek Godang Yasir Arafat mengatakan bahwa program kampung iklim ini bertujuan guna meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga lingkungan itu dipusatkan di kawasan RW 02.

“Ini merupakan bentuk keseriusan kita di dalam mewujudkan Program Kampung Iklim (Proklim) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutahan (KLHK),” ujar Yasir Arafat, Minggu (14/3/202113).

kata Yasir, warga juga dirangsang untuk melakukan berbagai upaya guna meningkatkan ketahanan pangan.

Baca Juga  Rektor UNM Resmi Kukuhkan Harris Arthur Hedar Sebagai Ketua Umum IKB PPSP UP

untuk itu, warga diajak untuk bercocok tanam dan beternak sehingga mampu membantu meningkatkan sumber pendapatan.

tidak hanya sebagai sumber pendapatan, dengan banyaknya tumbuhan atau tanaman di kawasan pemukiman, maka akan dapat pula mengatasi emisi gas rumah kaca.

“Hal itu sesuai dengan salah satu sasaran dari Proklim Kementerian LHK,” ucapnya

sampai saat ini antusias warga kampung dalam menyukseskan program kampung iklim cukup tinggi.

menurut keterangan warga di RW 02 sangat pro aktif menanam tanaman seperti buah-buahan, sayuran dan beternak ikan baik di pekarangan rumah maupun memanfaatkan lahan kosong.

“Di pekarangan rumah, saat ini sudah banyak tanaman yang ditanam warga seperti cabai, tomat, ubi kayu, jagung, sayur-sayuran, lengkeng, matoa dan juga ada kolam ikan,” paparnya.

Baca Juga  8 Makanan Tradisional Perayaan Maulid Nabi Muhammad di Indonesia

selain itu warga dalam menjaga kebersihan lingkungan, warga aktif bergotong royong membersihkan saluran pembuangan air.

“Intinya, warga mau melaksanakan kegiatan yang sipatnya gotong royong,” ulasnya.

tidak hanya kampung iklim saja, lanjut dia, guna meningkatkan ketahanan pangan warga, Kelurahan Tobek Godang juga telah membangun Kampung Tangguh di kawasan RW 03.

“Kampung Tangguh dan Kampung Iklim ini sejalan. Sama-sama bertujuan meningkatkan partisipasi warga dalam menjaga lingkungan dan untuk membantu meningkatkan sumber pendapatan,” ujarnya.

Baca Juga  Sofiatun Besan Jokowi Ketua Dewan Kehormatan KAI: Semua Pihak Diharap Legowo Terima Hasil Pilpres 2024

Jika tak ada aral melintang, sambung Yasir, Selasa (16/3/2021) ada kunjungan Staf Ahli Menteri LHK Afni Zulkifli bersama rombongan ke Kampung Tangguh Keluarahan Tobek Godang.

“Dalam kunjungan nanti, dijadwalkan akan dibagikan 5 ribu bibit sirsak kepada warga dan kelompok tani,” tutupnya.

Proklim Kelurahan Tobek Godang ini telah mendapat apresiasi dari Kementerian LHK, yang memberikan sertifikat Proklim kategori Utama ke Kelurahan Tobek Godang.

Menteri LHK Siti Nurbaya melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau Maamun Murod memberikan sertifikat kepada Lurah Tobek Godang Yasir Arafat pada 27 November 2020. (*/cr7)

Sumber: siberindo.co

Komentar

News Feed