oleh

Pertagas Lakukan Penanaman 200 Cemara Laut di Pantai Rembat Indramayu

Indramayu – Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional yang jatuh pada tanggal 28 November 2021, afiliasi Sub Holding Gas Pertamina, PT Pertamina Gas (Pertagas) melakukan penanaman 200 cemara laut di Pantai Rembat Indramayu pada Senin (29/11/2021).

Acara yang dipimpin oleh Gatot Budhi Prakoso selaku GM Operation East Region Pertagas dan Management Pertagas Operation West Java Area (OWJA) ini juga dihadiri oleh Sunarto selaku Kepala Desa Juntinyuat dan Bastian, Ketua Karangtaruna Desa Juntinyuat.

Dalam sambutannya, Gatot menyampaikan perusahaan perlu ikut andil dalam upaya menahan laju abrasi di pantai utara Pulau Jawa.

“Penanaman pohon ini menjadi bagian dalam upaya Pertamina membantu menahan laju abrasi di pantai utara Jawa. Ke depan, hasil dari kegiatan penghijauan Pertagas OWJA diharapkan mampu berkontribusi dalam mendukung program pengurangan emisi. Untuk itu dukungan Pemerintah Desa dan masyarakat tentunya sangat dibutuhkan dalam keberlanjutan program-program penghijauan perusahaan,” ujar Gatot, dikutip bumn.go.id.

Rusaknya kawasan vegetasi pantai di kawasan pantai Rembat akibat abrasi menjadi alasan dipilihnya pantai Rembat sebagai bagian dari program penghijauan Pertagas OWJA. Dengan penanaman pohon cemara laut ini, diharapkan Pertagas, Pemerintah Desa dan masyarakat dapat terus bersinergi dalam upaya pengembalian vegetasi pantai di Pantai Rembat dan mengurangi laju abrasi serta penghijauan pantai Rembat.

Baca Juga  KAI Bersama BNPT Gelar Dialog Wawasan Kebangsaan dan Anti Radikalisme di 8 Stasiun

Sebelum menanam pohon cemara laut, Pertagas terlebih dahulu memperbaiki bibir pantai dengan melakukan pemasangan Geotube sepanjang 200 meter serta menanam 300 mangrove sebagai upaya mengurangi laju abrasi pantai Rembat.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pertamina Gas. Kegiatan penanaman ini mudah-mudahan dapat terus berlanjut, sinergi pemerintah Desa dan Pertagas kami harapkan mampu memberi pembelajaran kepada masyarakat dan mendukung upaya desa menciptakan lokasi wisata ramah lingkungan khususnya di Pantai Rembat,” tutup Sunarto. (*/cr1)

Komentar

News Feed