oleh

Dorong Perekonomian Masyarakat dengan Bentuk Geopark Nasional di Gorontalo

Gorontalo – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menganjurkan pembentukan beberapa geopark di Provinsi Gorontalo dengan tujuan untuk mendorong perekonomian masyarakat, terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Dalam Dialog Pembangunan Berkelanjutan bertajuk “Peluang, Tantangan, dan Problematika Pengembangan Pariwisata sebagai Sektor Potensial Menuju Gorontalo sebagai Geopark Nasional” di Damhil Hotel, Gorontalo, Sabtu (6/11/2021), Sandiaga mengatakan pembentukan geopark ini diharapkan dapat meningkatkan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat Gorontalo di masa yang akan datang.

Baca Juga  Lombok Dapat Kouta Tambahan Tabung Gas Elpiji 3 kg Sebanyak 779.000

“Sehingga kesejahteraan masyarakat, terutama di tengah pandemi COVID-19 ini bisa kita wujudkan,” kata Sandiaga, dilansir kemenparekraf.go.id.

Sandiaga menyebutkan geopark-geopark ini nantinya akan dibentuk di tiga kabupaten yang ada di Provinsi Gorontalo. Salah satunya di Desa Wisata Religi Bubohu di Kabupaten Gorontalo yang memiliki pegunungan karst.

“Jadi nanti akan dipilih dan diajukan dalam masterplan yang tengah disusun dan mudah-mudahan ini bisa menjadi penyemangat kita karena selama 1,5 tahun ini pariwisata terpuruk dan 34 juta masyarakat Indonesia berpotensi kehilangan pekerjaan. Tapi dengan adanya geopark ini sesuai dengan tren pariwisata baru yang berbasis alam dan budaya mudah-mudahan ini jadi kebangkitan kita dan terbukanya peluang kerja sehingga ekonomi segera bergerak,” ungkap Sandiaga.

Baca Juga  Menteri PAN-RB Mengesahkan Program Reformasi Birokrasi BPKN RI 2020-2024

Untuk mewujudkan hal tersebut, Sandiaga mengungkapkan pihaknya akan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, terutama pemerintah daerah setempat dan tokoh-tokoh masyarakat Gorontalo yang duduk di DPR RI. “Ini merupakan sebuah kolaborasi kolosal dan mudah-mudahan dalam waktu singkat (bisa diwujudkan),” katanya.

Dalam acara ini Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba; dan Rektor Universitas Negeri Gorontalo, Eduart Wolok. Sandiaga juga menyempatkan diri berkeliling meninjau stand dari pelaku-pelaku ekonomi kreatif di Gorontalo yang ada di lokasi acara tersebut. (*/cr1)

Komentar

News Feed