oleh

Angin Puting Beliung sebabkan Sejumlah Bangunan Rusak dan Beberapa orang Cedera

BANDUNG – Di Desa Desa Mekarsaluyu Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung terjadi angin puting beliung, Minggu (28/3/2021) sore. Akibat peristiwa tersebut sejumlah bangunan rusak dan beberapa orang cedera.

Selain angin puting beliung, warga juga dikagetkan hujan es, hujan es tersebut kurang dari satu menit, di Jalan Ligar Melati RT 01 RW 23, Kelurahan Cibeuying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu (28/3/2021).

Ipan Sopian (29), Seorang warga RT 01, mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 16.20 WIB. menurutnya fenomena tidak biasa ini sempat membuat beberapa warga keluar rumah untuk menyaksikan dan memegang langsung butiran es seukuran kelereng. Dilansir siberindo.co

“Tetangga rumahnya dipasangi asbes, jadi suara jatuhnya es itu kenceng banget. Sampai beberapa tetangga juga keluar rumah,” ujar Ipan.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memperkirakan bahwa akan terjadi hujan ringan di sebagian besar wilayah Kota Bandung, Minggu, (25/3/2021).

Baca Juga  Bocah 14 Tahun Tewas Diterkam Buaya Saat Memetik Kangkung di Rawa

lalu kondisi tersebut berubah pada sore menjelang malam hari menjadi hujan deras disertai kilatan petir dengan prakiraan suhu 24 derajat celcius, kelembapan air 75 persen, dan tiupan angin 20 kilometer per jam.

Berdasarkan hasil observasi BMKG Bandung kecepatan angin maksimum tercatat pada hari ini (28 Maret 2021) adalah 28 km/jam pada pukul 15:00

Baca Juga  Pemerintah Mengeluarkan Surat Edaran Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H / 2021 M

Kejadian angin kencang/puting beliung pada masa pancaroba ini merupakan hal yang perlu di antisipasi, karena berpotensi munculnya angin kencang akan lebih sering terjadi.

Pihak BMKG mengimbau warga masyarakat segera menepi ketika terjadi angin kencang/puting beliung dan berlindung di dalam gedung yang aman dan kokoh. (*/cr7)

News Feed