oleh

Kronologi Tergelincirnya Pesawat Trigana Air PK-YSF di Bandara Halim Perdanakusuma

SIN.CO.ID – Sabtu, 20 Maret 2021, pesawat Trigana Air PK YSF di Bandara Halim Perdanakusuma tergelincir, kejadian ini telah dikonfirmasi oleh Manager Hubungan Masyarakat AirNav Indonesia Yohanes Harry Douglas, Jakarta Timur.

Yohanes mengatakan, awalnya pesawat angkutan barang Trigana Air dengan registrasi PK-YSF rute Jakarta Halim PerdanaKUSUMA – Makasar Sultan Hasanuddin saat melakukan prosedur kembali ke bandara asal keberangkatan, namun 2 menit setelah lepas landas terjadi kesalahan dan terjadi kendala teknis.

“Tepat setelah mendarat, pesawat tergelincir ke arah kanan Runway sehingga Runway terblokir dan tidak dapat digunakan untuk operasional penerbangan,” ujarnya.

Baca Juga  Muktamar XX Mathla’ul Anwar Siap Digelar, PBMA Apresiasi Bupati Bogor

Yohanes berujar petugas ATC AirNav Indonesia Cabang Halim memberikan pelayanan kedaruratan dengan berkoordinasi dengan pihak PT Angkasa Pura II (Persero) dan TNI AU Lanud Halim Perdanakusuma. AirNav pun menerbitkan NOTAM untuk penutupan Runway Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dengan nomor A0693/21.

“Sebagai dampak adanya penutupan Runway, beberapa penerbangan yang menuju Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dialihkan ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta,” kata Yohanes.

Terkait dengan kejadian ini AirNav akan terus melakuan koordinasi dengan para pemangku kepentingan guna memudahkan dalam pemberikan infromasi terbaru terkait penutupan runway Bandara Halim Perdanakusuma.

Baca Juga  HUT ke-7 SMSI: Membangun Masa Depan Media Siber di Tengah Disrupsi

Sebelumnya, PT Angkasa Putra II (Persero) telah mengabarkan bahwa  runway Bandara Halim Perdanakusuma untuk sementara waktu akan ditutup sementara untu penerbangan sipil sesuai dengan Notam nomor A0693/21.

“Pesawat kargo Trigana Air Boeing 737-500 nomor registrasi PK-YSF tergelincir di runway, sehingga badan pesawat menutupi sejumlah area runway (Blocked by Aircraft),” ujar VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano dalam keterangan tertulis.

Baca Juga  Surya Paloh dan Jokowi Saling Beradu Strategi di Balik Tirai Istana

Turut serta di dalam pesawat kargo, 2 pilot, 1 teknisi dan 1 FOO, di mana tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Yado juga mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait kejadian ini.

“Mulai pukul 12.30 WIB untuk sementara waktu jika ada penerbangan dari dan ke Bandara Halim Perdanakusuma akan dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta,” ujarnya.

Saat ini terdapat tujuh penerbangan yang dialihkan, antara lain lima penerbangan Batik Air dan dua penerbangan pesawat Citilink. (*/red)

Komentar

News Feed