oleh

Ini Deretan Makanan Mengandung Protein yang Sangat Cocok Dikonsumsi Saat Diet

SIN.CO.ID – Berbagai jenis diet kian beragam, banyak orang juga beralih diantara jenis diet dengan harapan bisa menurunkan berat badan serta kebugaran yang lebih baik.

Saat mengikuti diet, penting untuk memperhatikan makanan yang kamu konsumsi dibanding makanan yang harus dihindari untuk dikonsumsi agar bisa menjaga tubuh tetap langsing.

Saat melakukan diet, usahakan untuk mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan protein.

Tubuh membutuhkan ketiga nutrisi tersebut agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik terutama untuk menurunkan berat badan.

Protein menjadi makanan yang paling penting untuk dikonsumsi saat diet karena protein dapat lebih mengenyangkan, mampu menjaga massa otot dan membakar lebih banyak energi dalam tubuh.

Jumlah protein harian yang disarankan adalah 0,8 per 1 kilogram. Namun bagi orang yang aktif berolahraga, kebutuhan proteinnya jauh lebih tinggi.

Ada beberapa jenis protein yang perlu dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, diantaranya:

Ragi Bernutrisi

Ragi bernutrisi adalah makanan yang lezat dan tinggi protein. Jenis makanan ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat sedang diet agar bisa membantu dalam menurunkan berat badan.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan baik dalam bentuk lentil atau polong mengandung tinggi protein dan memiliki kandungan serat di dalamnya.

Kacang jenis ini baik kacang hitam maupun kacang hijau sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, kacang juga dapat menberikan efek positif bagi kesehatan secara umum.

Biji Chia

Biji Chia menjadi makanan yang mengandung protein dan lemak yang sangat saat disatukan dengan minuman dan membantu merasa kenyang. Selain itu, biji ini juga memiliki rasa yang nikmat pada saat dikonsumsi.

Kerang

Kerang juga menjadi salah satu sumber protein yang sangat lezat dan mudah ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu, makanan ini bisa sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari terutama ketika sedang diet.

Yogurt

Yogurt adalah salah satu sumber protein paling hits terutama saat diet. Ada berbagai jenis yogurt yang bisa dikonsumsi baik yang bebas lemak maupun full-fat.

Yogurt yang berbeda ini dapat memiliki efek kesehatan dan rasa yang berbeda satu sama lain. Yogurt juga mengandung probiotik yang dapat mempengaruhi kesehatan usus dan melancarkan pencernaan.

Tempe

Tempe merupakan salah satu jenis protein yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini sangat sehat dan memiliki protein tinggi.

Selain kandungan proteinnya yang tinggi, tempe juga dapat memberikan efek yang sangat baik bagi pencernaan melalui proses fermentasi.

Rasanya yang enak dan harga yang terjangkau juga membuatnya cocok untuk dikonsumsi. Jika ingin mendapatkan manfaat yang optimal, tempe bisa dinikmati dengan cara direbus atau dikukus.

Deretan makanan tersebut merupakan sumber protein yang sangat cocok untuk dikonsumsi, terutama jika sedang menjalani diet.

Dari segi menjaga berat badan dan kesehatan, beberapa makanan ini dapat memberikan efek menguntungkan bagi tubuh.